Trik-puncak-produksi-tinggi

Selasa, 11 April 2017

SUPAYA SISA KUNING TELUR CEPAT TERSERAP, PERLUKAH DOC DIPUASAKAN?

SECARA normal penyerapan sisa kuning telur pada DOC kira-kira 20-25% dari bobot badanya dan akan terserap secara sempurna dalam tempo 4-7 hari kemudian.
Bahan nutrisi yang terkandung dalam penyerapan sisa kuning telur hanya penting mempertahankan kehidupan ayam, bukan untuk pertumbuhan lanjut. Tanpa diberi pakan ayam dapat bertahan hidup sampai 3 atau 4 hari, tetapi tidak tumbuh.
Oleh karena itu, berilah pakan secepatnya setelah ayam mendapatkan air minum yang mengandung gula sebagai sumber energi awal.

Jika dalam tempo 39-45 menit setelah pemberian air minum terlihat lebih dari 30% ayam dalam suatu indukan buatan sudah aktif (melakukan pergerakan), maka pada saat itulah pakan harus sudah diberikan.
 Penyerapan serat kuning telur yang lebih baik dan cepat justru akan terjadi pada ayam yang tidak dipuasakan. Jadi tidak benar ayam harus dipuasakan untuk mempercepat penyerapan kuning telur.

Teori lama mengatakan pentingnya pemberian pecahan jagung kuning pada DOC untuk mempercepat penyerapan sisa kuning telur. Pada hal, penelitian terbaru oleh Dr. Julia Dibner (1998) dan Dr. John T.Brake (2000) dapat dibuktikan bahwa waktu start merupakan hal kunci pada gertakan awal perkembangan sistem pencernakan dan proses penyerapan sisa kuning telur.
Dari pada pecahan jagung kering , lebih baik diberikan pakan starter komplit yang jelas-jelas mempunyai  nilai gizi jauh lebih lengkap dan berimbang. 

Sekali lagi, berikan pakan secepatnya, segera setelah DOC memperoleh energi baru untuk memulai aktifitas biologisnya.

Sumber: majalah Poultry Indonesia

1 komentar:

  1. Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus