Trik-puncak-produksi-tinggi

Minggu, 16 April 2017

JANGAN SEMBARANGAN MEMBERIKAN ANTIBIOTIK PADA AYAM


Add caption
Ada sebuah pertanyaan dari seorang peternak, " Mengapa ayam saya tidak bisa sembuh, pada hal sudah diberi obat sesuai dengan penyakit yang diderita?"

Dari pengalaman lapangan, umumnya peternak punya kebiasaan menggunakan antibiotika dengan taget bakteri yang tidak jelas. Sebagai contoh, pada kasus pengobatan terhadap bakteri gram positif, tidak perlu menggunakan antibiotik broad spectrum. Dengan demikian bakteri yang lain, yang bukan target pengobatan tidak akan terganggu, sehingga munculnya resistensi bakteri lain dapat dicegah. Di lain pihak, ketidakmampuan melakukan diagnosa secara tepat dan minimnya pengetahuan peternak tentang antibiotika mengakibatkan penggunaan antibiotika menjadi serampangan.

Perlu diingat, bila kita menggunakan antibiotika broad spectrum, populasi bakteri dalam suatu lingkungan peternakan tidak akan hilang sama sekali, dan setiap kita menggunakan antibiotika berarti menginduksi bakteri yang ada dengan antibiotika tersebut. Apalagi, populasi bakteri dalam tubuh ternak, khusunya dalam saluran pernafasan dan pencernaan sangatlah beragam, sehingga pada penggunaan antibiotika broad spectrum akan banyak sekali populasi bakteri yang akan terinduksi.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menggunakan antibiotika sesuai dengan bakteri yang dikontrol, sehingga tidak akan menginduksi bakteri yang lain. Disamping itu, diagnosis, dosis serta lamanya pengobatan yang tepat akan sangat membantu untuk mengurangi kejadian resistensi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar