Trik-puncak-produksi-tinggi

Rabu, 05 April 2017

EFEKTIFITAS APLIKASI PENGOBATAN PADA AYAM


Obat adalah racun yang dapat dimanfaatkan apabila digunakan  sesuai dengan dosis yang direkomendasikan, tetapi lain halnya bila terjadi kekurangan atau kelebihan dosis. Kekurangan dosis akan menyebabkan ayam yang diobati tidak sembuh dan bakteri akan mengalami resistant, sedangkan jika kelebihan dosis akan terjadi keracunan (toxycosis).

Umumnya oleh pelaku perunggasan identik dengan antibiotik dan jarang sekali berhubungan dengan abat cacing atau Anti Oocyt ( anticoccy).
Aplikasi pengobatan yang sudah dikenal dan sudah biasa dilakukan adalah; injeksi (melaluhi sontikan), melaluhi air minum atau melaluhi pakan.

Pemilihan aplikasi pengobatan dipengaruhi oleh beberapa faktor :

  • Nilai ekonomis.
  • Teknis pelaksanaan/tenaga kerja.
  • Kecepatan reaksi obat sesuai tujuan.
  • Stress yang ditimbulkan.

Injeksi atau melaluhi sontikan, reaksi obat akan berjalan cepat sekali, tetapi harus diikuti oleh proses injeksi berikutnya. Hal ini dapat diantisipasi dengan injeksi antibiotik Long Acting. Umumnya hal ini dapat dilakukan karena perhitungan ekonomis. Walaupun membutuhkan tenaga kerja yang banyak dan menimbulkan stress yang tinggi.

Aplikasi melaluhi air minum juga dapat dilakukan walaupun pencapaian dosis minimal dalam darah untuk membunuh bakteri membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan melaluhi aplikasi sontikan. Aplikasi ini dipilih umumnya karena terbatasnya tenaga kerja dan juga mempertimbangkan stress yang ditimbulkan sangat kecil, pada umumnya aplikasi ini dilakukan di peternakan broiler.

Aplikasi melaluhi pakan. Pencampuran antibiotik dilakukan di pabrik pakan. Aplikasi ini dipilih berdasarkan pertimbangan pengobatan dalam jangka panjang. Aplikasi ini jarang dipilih karena pencapaian dosis dalam darah membutuhkan waktu yang lebih lama, tidak dapat dipakai pada kondisi yang mendesak.

Hal-hal yang mendukung efektifitas pengobatan adalah:

  • Pastikan ayam menerima obat sesuai harapan
  • Perhitungan dosis yang tepat
  • Kualitas air mendukung (tidak mengurangi potensi obat)
  • Perhatikan lama waktu pemberian obat

Pemilihan aplikasi dalam pengobatan yang tepat sangat didukung oleh situasi dan kondisi serta lokasi masing-masing dan pandai-pandainya kita menganalisa masalah sebelum melakukan tindakan.

Sumber: warta CJ FEED

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar