Trik-puncak-produksi-tinggi

Minggu, 28 Mei 2017

DOC OKE, UNTUNGNYA GEDHE....



Masa pertumbuhan di awal sangat menentukan masa remaja dan kelanjutanya

Bobot Awal, Parameter Utama
     Bobot DOC kerap kali menjadi parameter utama kualitas. Kriteria ini sangat berpengaruh terhadap bobot akhir broiler. Setiap selisih satu gram, potensial menurunkan bobot panen (pada 35 hari) sebesar 80 gram. Hitungan matematis jika memiliki 10.000 ekor broiler umur produksi, maka akan kehilangan peluang pemasukan sebesar 800.000 gram bobot broiler, sebanding dengan 800 kg broiler. Jika dirupiahkan dengan harga ayam ex farm Rp 18.000/kg saja maka nominal Rp 14.400.000 - bisa melayang, ini jika satu gram saja.

     Diusahakan berat DOC 40 gram lebih, jika kurang dari 35 gram, kualitasnya kurang bagus dan cenderung tidak seragam, bahkan yang bagus (platinum) beratnya lebih dari 45 gram/ekor. Sementara angka yang distandardkan SNI, bobot per ekor DOC layerminimal 33 gram, sedangkan broiler minimal 37 gram/ekor

Sesuai dengan judul " DOC Oke, Untung Gedhe", secara fisik kondisi awal DOC berpengaruh pada perkembangan ayam. Ibarat bayi, masa pertumbuhan di awal sangat menentukan masa remaja dan kelanjutanya. Untuk DOC yang normal SNI mensyaratkan secara fisik DOC harus memiliki bulu yang kering dan berkembang, warna bulu DOC harus seragam sesuai warna galur (strain), sehat, kaki normal dan dapat berdiri tegak, paruh normal, tampak segar dan aktif, tidak dehidrasi, tidak ada kelainan bentuk dan tidak ada cacat fisik, sekitar pusar dan dubur kering dan pusar tertutup. Sedangkan jaminan kematian dipatok maksimal 2%. 

     Di lapangan kondisi DOC yang baik dapat diamati dari ciri-ciri yang dimunculkan, antara lain :

  • Ukuran tubuhnya relatif seragam.
  • Mempunyai sisik kaki berwarna kuning cerah dan tidak kering. Otot dada berisi dan kulit dapat bergerak secara leluasa jika dicubit(tidak lengket dengan otot).
  • Pusarnya kering dan tertutup dengan baik.
  • Tidak ada cacat atau abnormalitas fisik.
  • Tidak ada sisa kuning telur atau membran yang sudah kering di sekitar umbikulus (tali pusar).
  • Badan atau tubuh kelihatan kompak, padat, sintal/tidak lembek.
  • DOC kelihatan lincah dan ada respon terhadap suara dan tepukan tangan.
  • DOC tidak kelihatan stress, panting/kepanasan, megap-megap.
  • DOC tidak kelihatan dehidrasi, bisa diketahui dengan mengecek kulit, apabila kelihatan sangat longgar berarti dehidrasi.
  • Paruh kelihatan bagus, kokoh dan kuat.



Penanganan DOC saat tiba

     Penanganan DOC saat tiba di farm menjadi point penting kalau tidak dikatakan titik kritis yang harus mendapatkan perhatian. Tujuanya selain mewaspadai adanya kualitas yang dibawah standard, penanganan dan pengecekan awal, langkah ini penting dalam membantu DOC beradaptasi dengan lingkungan barunya.

     Saat DOC datang, 95% persiapan harus sudah selesai dilakukan. Persiapan ini minimal mencakup tempat minum, tempat pakan, planning penimbangan, penghangat, juga mental anak kandang. Saat DOC datang secepatnya box segera dibuka kemudian ditimbang, dihitung bahkan ada yang langsung divaksin terus dimasukkan ke brooder secara pelan-pelan.

1 komentar: