Trik-puncak-produksi-tinggi

Sabtu, 06 Mei 2017

CARA MENEKAN BIAYA PENGGUNAAN PEMANAS GAS

Cara pertama menghemat gas LPG ialah dengan mengatur penggunaan agar menghasilkan suhu sesuai kebutuhan anak ayam. Untuk mengetahui apakah panas yang dihasilkan sudah sesuai atau belum, sebaiknya dilakukan pengontrolan suhu secara rutin. Kontrol suhu ini dapat dimulai pada 1-3 jam setelah chick-in dan dilanjutkan tiap 2-3 jam sekali bersamaan dengan pemberian pakan.

Mengatur penggunaan pemanas
     Idealnya suhu brooding kita ukur mengunakan termometer. Namun selain dengan termometer. kesesuian suhu brooding bisa kita ketahui dengan melihat kondisi anak ayam, yaitu dari aktifitas,  sebaran, dan kondisi kakinya. Jika suhu terlalu panas , kaki anak ayam akan kemerah-merahan dan terlihat pecah-pecah terutama  di bagian kuku dan telapak kakinya. Sebaliknya jika suhu terlalu dingin, kaki anak ayam akan teraba dingin (dibanding suhu tubuh kita)
     Selain itu, untuk menghemat gas LPG selama masa brooding (14 hari) kita tidak perlu menyalakan pemanas  gas selama 24 jam. Pemanas dinyalakan 24 jam terutama dilakukan pada umur 1-2 hari. Hal ini karena pada umur tersebut kondisi anak ayam masih rentan terhadap suhu dingin dan pengaturan suhu tubuhnya masih tergantung sepenuhnya pada pemanas. Namun setelah umur tiga hari dan seterusnya, pemakaian pemanas dapat dikurangi secara bertahap sesuai kondisi anak ayam dan cuaca di wilayah setempat.

Pastikan kondisi selang dan tabung gas baik
     Hal ini yang dapat dilakukan untuk menghemat pemakaian gas LPG ialah memastikan tidak ada kebocoran  gas pada bagian selang gas, klem selang maupun pada tabung gas LPG-nya.  Apabila ada bau gas yang menyengat, segera periksa asal sumber bau tersebut kemudian segera dilakukan perbaikan bila memang ada komponen yang rusak.

Instalasi pemanas harus benar
     Untuk menghemat penggunaan gas LPG, instalasi pemanas yang benar juga menentukan. Pasalnya, jika instalasi salah, maka panas yang dirasakan anak ayam tidak maksimal. Akibatnya selain penurunan kondisi anak ayam, tentu saja seolah-olah pancaran panas yang diberikan  saat brooding harus lebih besar dan gas yang dibutuhkan lebih banyak.

Pemilihan pemanas gas yang tepat
     Faktor lain yang juga secara tidak langsung dapat menghemat penggunaan gas LPG  selama masa brooding yaitu dengan memilih gas infra merah. Hal ini karena penghantaran panas oleh pemanas infra merah terjadi secara radiasi, yaitu langsung mengenai anak ayam tanpa melalui perantara udara, sehingga panas yang diterima anak ayam lebih optimal. Sedangkan pada penghantaran panas secara konveksi (seperti pemanas gas sistem tudung/kanopi) perpindahan panas terjadi melalui perantara udara, dimana sebagian panas akan terbawa dan terbuang ke udara sehingga panas yang diterima anak ayam kurang optimal.

     Dari hasil trial, bahwa selama 1 periode brooding (14hari) untuk pemeliharaan 3000 ekor ayam broiler, pemanas gas infra merah hanya menghabiskan 14 tabung gas LPG ukuran 12 kg. Sedangkan pada penggunaan pemanas gas non-infra merah dapat menghabiskan sekitar 29 tabung gas LPG 12 kg.

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar