Trik-puncak-produksi-tinggi

Kamis, 30 Maret 2017

CARA MENINGKATKAN BERAT TELUR





Berat telur merupakan indikator performa dan salah satu faktor yang menentukan profit peternak ayam petelur. Untuk menghasilkan berat telur yang maksimal dibutuhkan lingkungan yang nyaman, manajemen yang baik dan kualitas pakan yang baik pula. Beberapa tips menghasilkan berat telur yang maksimal adalah sebagai berikut :

1. Temperatur
Ada hubungan antara suhu lingkungan dan berat telur. Semakin tinggi suhu lingkungan semakin ringan telur yang dihasilkan. Desain kandang dan bahan atap menentukan suhu di dalam kandang. Atap yang dari genteng menghasilkan suhu yang lebih rendah bila dibandingkan dengan asbes/seng. Jika suhu kandang tinggi perlu ditambahkan kipas angin, menanam pepohonan di sekitar kandang dan pemberian air minum yang dingin.

2. Sirkulasi udara
Kualitas udara dan sirkulasi udara yang baik akan meningkatkan berat telur. Amonia yang tinggi di dalam kandang akan menurunkan kualitas udara. Usahakan setiap saat kotoran ayam diambil untuk mengurangi amonia.

3. Umur dewasa kelamin
Usahakan umur dewasa kelamin ayam yang dipelihara dalam kondisi normal. Apabila dewasa kelamin lebih awal maka telur yang dihasilkan lebih ringan. Kualitas pullet sangat menentukan performa pada saat produksi dan berat telur yang dihasilkanya.

4. Cahaya
Pengaturan cahaya pada saat produksi akan menentukan berat telur. Penggunaan cahaya selama 16 jam adalah ideal untuk kondisi di Indonesia. Penggunaan cahaya terus-menerus (24jam) akan menurunkan berat telur.

5. Pakan
Beberapa kandungan nutrien pakan yang mempengaruhi berat telur adalah energi pakan, protein dan asam lemak tidak jenuh. Kenaikan protein dan energi pakan akan memperbaiki berat telur. Penambahan asam linoleat 1gram/hari/ekor mampu meningkatkan berat telur.

6. Berat badan
Berat badan yang ideal saat produksi akan menghasilkan berat telur yang lebih berat dibandingkan dengan berat badan yang lebih ringan. Usahakan berat badan ayam tercapai sesuai dengan umur dan tingkat produksi. Lakukan penimbangan berat badan ayam saat produksi setiap minggu.

Sumber dari : CP. BULLETIN SERVICE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar