Trik-puncak-produksi-tinggi

Rabu, 15 Maret 2017

DARIMANA DATANGNYA PENYAKIT AYAM KITA?



Untuk mengetahui dan mencegah serta mengusir " tamu yang tak diundang", maka kita perlu mengetahui paling tidak bagaimana mereka bisa masuk "rumah kita" tanpa kita harapkan.

Bagaimana saja mekanisme penyakit menyatroni ayam-ayam kita, berikut ini berbagai macam mekanisme penyakit masuk ke kandang:

1. Rute transovarial

Pertama kali bibit penyakit menyusup dan menyerang pada saat ayam masih dalam bentuk telur, atau bahkan calon telur yang masih tersimpan dalam ovarium. Tidak tanggung-tanggung penyakit menginfeksi hewan melaluhi mekanisme penularan dari induk melaluhi telur yang masih dalam ovarium atau yang sering disebut dengan penularan secara vertikal/transovarial. Penularan ini terjadi saat telur masih dalam ovarium dan terkontaminasi oleh induk penderita penyakit. Sebagai contoh Salmonella sp, Mycoplasma, Reovirus, dan Adenovirus dapat menggunakan metode penyusupan ini untuk menyerang ayam.

2. Permukaan Kulit Telur

Penularan ini terjadi ketika hewan sudah berbentuk telur. Penyakit atau agen-agen infeksi mempunyai mekanisme menyerang ayam melaluhi jalur ini, yaitu melaluhi atau menembus kerabang telur baik saat masih di dalam kloaka induk atau setelah berada di luar tubuh induknya. E.colli, Parathypoid, Salmonella spp menginfeksi telur di saat telur masih dalam kloaka atau melaluhi litter dan nest yang terkontaminasi. Kuman menyerang embrio yang sedang berkembang kemudian akan termanifestasi pada DOC sebagai Omphalitis dan Salmonellosis. Penularan secara mekanisme juga sering terjadi pada telur tetas yang kotor, hatchery yang tidak steril baik secara langsung melaluhi induk atau lingkunganya.

3. Langsung

Yang dimaksud dengan mekanisme ini adalah  penularan secara langsung antara hewan yang satu dengan yang lain(sesama ayam yang peka), flok satu dengan yang lain secara langsung. Penyakit ini sering terjadi pada kandang atau flok yang umumnya berbeda-beda, di mana ayam rentan terhadap penyakit yang sifatnya menular. Contohnya Salmonellosis, Coryza, Mycoplasmosis, Laryngotrachetis dan pasteurellosis.

4. Tidak Langsung

Penularan tidak langsung berarti penularan yang diperantarai. Sebagai contoh penularan melaluhi peralatan kandang( skop, litter, tempat minum dll) yang terkontaminasi, pekerja kandang dan sebagainya. Mekanisme ini sering terjadi pada peternakan yang tidak mengindahkan biosekurity yang baik. IBD, Salmonella spp sangat mudah menyerang pada sistem istirahat kandang kurang dari 10 hari.

5. Melaluhi Angin

Penularan penyakit melaluhi hembusan angin lebih tepat disebut dengan penyebaran penyakit karena jarak dan keleluasaan penularan relatif lebih luas dan jauh. Material-material kecil dan halus seperti debu yang terkontaminasi penyakit dapat terbawa angin hingga radius lebih dari 5 km. ILT(Infectius Laryngo Trachetis), vvND(very virulent Newcastle Disease) pernah dilaporkan pada kejadian outbreak di berbagai tempat.

6. Vektor Biologi

Vektor biologi merupakan perantara yang berperan dalam penyebaran penyakit. Burung liar merupakan vektor sekaligus reservoir virus flu burung dan pasteurella spp. Rodentia (tikus) juga merupakan vektor penyebab pasteurellosis dan salmonellosis. Sedangkan serangga lebih besar lagi perananya dalam penularan penyakit unggas. Nyamuk, lalat, kumbang, tungau, kutu, pinjal merupakan vektor berbagai macam penyakit seperti IBD, Mareks, salmonellosis, pasteurelllosis, coccidiosis, cacar, malaria dan sebagainya.

7. Pakan

Kontaminasi pakan dengan agen penyakit pada hewan yang peka merupakan salah satu mekanisme kejadian penularan penyakit pada unggas. Salmonella spp,IBD, paramyxovirus dapat menyerang flok yang peka.

8. Vaksin

Melaluhi vaksin baik itu material vaksin sendiri atau peralatan vaksinasi dapat digunakan sebagai celah bagi penyakit untuk menginfeksi unggas. Kontaminasi vaksin yang berasal dari telur non SPF(non Specific Phatogenic Free) dapat terkontaminasi virus-virus dari adenovirus, reovirus, chicken anemia dan reticuloendothellosis.

Mekanisme atau jalur yang disebutkan di atas perlu diketahui dan dipahami oleh kita sehingga tahu bagaimana caranya menutup jalur keluar masuknya penyakit pada peternakan.

Sumber dari " Warta CJ FEED "






1 komentar:


  1. Anda salah satu pencinta permainan Poker?

    Tapi jarang menang dalam permainan Poker?

    Jangan khwatir kawan mari join bersama kami di POKERVITA
    Agent Poker yang aman & terpecaya di tahun 2021

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    BalasHapus