Trik-puncak-produksi-tinggi

Jumat, 24 Februari 2017

CAHAYA SANGAT DIBUTUHKAN PADA AYAM PETELUR

Masih banyak peternak yang belum tahu apa fungsi cahaya buat ayam petelur, pada hal cahaya merupakan salah satu faktor yang harus dipenuhi dalam proses produksi ayam petelur

Pada ayam petelur intensitas cahaya sangatlah urgent untuk meningkatkan dan mempertahankan produksi telur. Kelalaian memperhatikan intensitas cahaya dalam usaha bududaya ayam petelur akan berakibat fatal, walaupun unsur-unsur manajemen yang lain seperti pakan, air minum, kontrol berat badan, pemberian vitamin, vaksinasi, sanitasi dan lain-lain berjalan secara normal.

Sering kali peternak meremehkan pemberian cahaya yang cukup baik intensitasnya maupun jumlah waktu penyinaran(lighting Programme).

Proses Penerimaan Cahaya 
Mata ayam  adalah organ tubuh pertama yang sensitif dalam penerimaan cahaya, selanjutnya akan diproses secara fisiologis hingga menstimulan pengeluaran telur. Kandang yang gelap otomatis akan menghambat proses produksi telur, sebaliknya kondisi kandang yang cukup peneranganya sesuai standard yang dibutuhkan ayam petelur akan memberi hasil yang lebih tinggi.
Intensitas cahaya idealnya 40 lux, atau bisa dengan lampu 2,7 watt/m2 yang dilengkapi dengan reflektor dipasang dengan ketinggian 2,5 m dari lantai kandang. 

Program Pencahayaan Di daerah Panas  
Disarankan pencahayaan dilakukan pada pagi hari, untuk merangsang meningkatkan konsumsi pakan karena suhu udara masih rendah. Penambahan cahaya tidak boleh dilakukan sebelum produksi 5%. Pada daerah iklim panas bisa ditambah 2 jam di tengah malam (saat suhu dingin) untuk meningkatkan feed intake. Dalam sehari-semalam ayam butuh cahaya 16 jam untuk proses pembentukan telur.

Pengaturan Intensitas Cahaya   
Untuk beberapa hari pertama disarankan intensitas cahaya 30-40 lux. Untuk kandang gelap tertutup intesitas cahaya cukup 5-10 lux untuk mengontrol sexual maturity. Sedang pada kandang pencahayaan alami/semi gelap dibutuhkan intensitas 40 lux.
Hindari sinar matahari siang yang menyorot ke tubuh ayam, dengan mengatur letak kandang timur-barat.

Posisi Lampu Penerangan 
Pengaturan pemasangan lampu penerangan dari awal perencanaan pembangunan kandang sangat penting agar pencahayaan merata diterima oleh populasi ayam yang ada di kandang.

Pemeliharaan Lampu Penerangan  
Lampu penerangan kandang harus secara periodik perhatikan, agar intensitas cahayanya tidak berkurang, antara lain dengan segera mengganti bilamana ada yang putus dan membersihkan dari debu atau kotoran yang melekat.

SEMOGA BERMANFAAT,,,,,,,,,,,  
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar